Friday 13 January 2017

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu alat indra yang berfungsi sebagai penglihatan. Banyak orang yang bisa melihat dengan mata normal. tapi, banyak juga yang mengalami gangguan pada mata mereka. Seperti, min, plus ataupun silinder. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita menjaga kesehatan mata. pasalnya, tanpa mata kita tentu akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan segala sesuatu. lalu, apa saja yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata kita ? Nah, langsung saja kita bahas dibawah ya guys...
Tips Menjaga Kesehatan Mata
Tips Menjaga Kesehatan Mata



Tips menjaga kesehatan mata :

1. Konsumsi makanan yang baik untuk mata

Pilih makanan yang kaya akan antioksida, yang terdapat pada vitamin A dan C. sayuran dan ikan yang mengandung asam omega 3 baik untuk kesehatan makula (bagian mata) yang bertanggung jawab untuk kepentingan sentral.


2. Gunakan kacamata hitam

saat keluar rumah, anda dapat menggunakan kacamata hitam untuk menghindari pantulan sinar matahari (UV). Karena terlalu sering terkena sinar UV dapat menyebabkan katarak dan degenerasi makula.


3. Istirahatkan mata anda

ketika anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer, hp atau fokus pada sesuatu.. seringkali anda lupa untuk mengedipkan mata anda. untuk menyikapi hal ini kalian dapat melakukan aturan 20-20-20. yaitu setiap 20 kmenit sekali, usahakan berpaling sekitar 20 kaki selama 20 detik.
menurut webmd.com menatap layar komputer atau fokus pada sesuatu dapat menyebabkan beberapa gangguan, diantaranya :

a. mata keringb. ketegangan matac. pandangan yang kaburd. kesulitan fokus pada jarak



4. Mengatur jam tidur

mata memerlukan waktu setidaknya 8 jam sehari untuk dapat bekerja secara maksimal. kurang tidur dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada mata. Kurang tidur dapat menyebabkan mata kering sehingga mata akan terasa sakit, sensitif terhadap cahaya, gatal, kemerahan ataupun mata kabur.


5. Jangan membaca dalam cahaya redup

Hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

6. Hindari kebiasaan mengucek mata

Jangan sering mengucek mata ketika mata terasa gatal. Ketika tangan Anda kotor sehabis memegang suatu benda dapat menginfeksi organ mata yang dapat berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata.

7. Periksa mata secara rutin

Periksakan mata Anda secara rutin agar dapat terhindar dari penyakit yang menyerang mata sewaktu-waktu.

Itulah tips yang dapat saya share, semoga bermanfaat :)


2 comments: