Thursday 2 February 2017

Bagian, Ciri dan Fungsi Paru-Paru

Bagian, Ciri dan Fungsi Paru-Paru
Bagian, Ciri dan Fungsi Paru-Paru
Trakea (Tenggorokan)

Trakea ialah suatu tabung dengan panjang nya sekitar 5 inci yang menghubungkan antara laring ke bronkus. Trakea yang terdiri dari tulang rawan hialin yang berbentuk seperti huruf C yang dilapisi oleh epitel bersilia. Fungsi trakea ialah sebagai saluran pernapasan. Silia ditemukan didalam sel-sel epitel yang berfungsi untuk menangkap suatu partikel asing dan membawanya ke faring sehingga bisa memasuki sistem pencernaan.
Bronkus
Bronkus ialah bercabang batang yang menghubungkan antara paru-paru kiri, paru-paru kanan, dan trakea. Bronkial yang terdiri dari tulang rawan, lapisan mukosa dan otot polos. Cartilage memiliki fungsi sebagai suatu kerangka bronkial lapisan mukosa yang menghasilkan lendir untuk menjebak suatu partikel asing yang memasuki paru-paru, dan otot polos yang memungkinkan kita untuk bernapas secara otomatis tanpa kita sadari.

 
Bronkiolus
Bronkiolus ialah suatu cabang bronkus yang bermuara di suatu alveoli. Struktur bronkus tidak mempunyai tulang rawan, silia, dan akhirnya terdiri dari suatu bersilia yang berbentuk kubus jaringan epitel. Fungsi: Pengendalian resistensi aliran udara dan distribusi udara di paru-paru dikendalikan oleh bronkiolus. Salah satu halus, berdinding tipis, ekstensi tubular dari bronkus yang merupakan bronkiolus yang tidak lagi mengandung tulang rawan.
 Diafragma
Diafragma ialah suatu serat otot yang membentuk perbatasan antara suatu rongga dada dan rongga perut. Diafragma juga meemiliki peran penting dalam proses pernapasan perut. Diafragma yang terdiri dari otot, pembuluh darah, dan saraf yang disebut juga saraf frenikus. diafragma :
Memiliki fungsi utama dari diafragma hanya satu, yaitu membantu proses pernapasan manusia.

Alveolus
Alveoli ialah yang mana suatu pertukaran oksigen dan suatu karbon dioksida difusi. yang Struktur alveolarnya terdiri dari suatu membran tipis dan ada banyak kapiler darah. Dalam suatu alveolar rilis darah karbon dioksida ke udara dan mengambil oksigen dari udara. Adapun fungsi alveolus adalah :
Tempat pertukaran gas, Penyimpan udara dalam tubuh untuk sementara waktu




No comments:

Post a Comment