Monday 6 March 2017

Sifat Wajib bagi Allah

Allah adalah Dzat yang Maha Segalanya. Tidak ada seorangpun yang mampu untuk menandingi ataupun menyamai ilmu-Nya. Allah mempunyai Sifat Wajib yang berjumlah 20., Sifat wajib bagi Allah berarti sifat-sifat yang dimiliki oleh Allah SWT dan merupakan sifat yang paling sempurna. Lalu, apa saja sifat wajib Allah itu.... langsung aja di baca guys,

Sifat Wajib Bagi Allah
Sifat Wajib Bagi Allah 

1.  Wujud (Ada)

Sifat Wujud ialah kepastiaan adanya Allah. Maksudnya, Allah pasti ada. Bukti bahwa Allah itu ada adalah wujud makhluk. Kalau Allah tidak ada, tentu semua makhluk ini tidak ada.

2. Qidam (Dahulu atau Awal)

Sifat Qidam ialah ketiadaan permulaan bagi keberadaan atau wujud Allah, sebab Allah adalah sumber semua makhluk, Pencipta makhluk, dan pencipta itu mesti lebih dahulu daripada yang dicipta. Allah swt.

3. Baqo (Kekal)

Sifat Baqo ialah tiada akhir bagi keberadaan atau wujud Allah, Dia tetap ada selama-lamanya.

4. Mukholafatul lil hawaditsi (Berbeda dengan ciptaan-Nya)

Sifat Mukholafatul lil hawaditsi ialah Allah Ta’ala itu tidak dapat disamai oleh makhluk apa pun dan tidak menyamai makhluk.

5. Qiyamuhu binafsihi (Allah berdiri sendiri)

Sifat Qiyamuhu binafsihi ialah Allah itu tidak butuh kepada apa pun dan tidak butuh kepada siapa pun.

6. Wahdaniyyat (Esa atau Tunggal)

Sifat Wahdaniyyat ialah Allah itu Tunggal, Mandiri, tiada sekutu bagi-Nya, baik dalam perbuatan, sifat maupun Zat-Nya.

7. Qudrot (Berkuasa)

Sifat Qudrot ialah kemampuan Allah menciptakan dan meniadakan apa saja yang Dia kehendaki berdasar keinginan-Nya. Apabila Allah tidak mempunyai kemampuan, tentu Dia tidak dapat mencipta makhluk sekecil apa pun.

8. Irodat (Berkehendak)

Sifat Irodat ialah kehendak menakdirkan sesuatu sebelum menciptakannya. Allah memiliki kebebasan menciptakan apa saja sesuai kehendak-Nya dan pilihan-Nya. Karena itu, adakalanya Dia menciptakan sesuatu berbentuk panjang, tinggi atau pendek, ada yang bagus dan ada yang jelek, adakalanya pandai dan adakalanya bodoh.

9. ‘Ilmu (Mengetahui)

Sifat ‘Ilmu ialah Allah mengetahui terhadap segala sesuatu yang telah berlalu, yang sedang terjadi dan yang akan terjadi.

10. Hayat (Hidup)

Sifat Hayat ialah Allah itu Maha Hidup dan Kekal serta tidak bakal sirna.

11. Sama’ (Mendengar)

Sifat Sama’ ialah didengarnya segala sesuatu oleh Allah. Allah mendengar segala sesuatu yang tidak dapat didengar oleh selain-Nya.

12. Bashor (Melihat)

Sifat Bashor ialah terlihatnya segala sesuatu oleh Allah. Tidak ada sesuatu pun yang lepas dari pandangan Allah.

13. Kalam (Berbicara atau Berfirman)

Sifat Kalam ialah bahwa Allah itu Maha Bicara.

14. Kaunuhu Qodiron

Wajib aqli Allah mempunyai sifat Kaunuhu Qodiron, artinya terbukti Allah yang Maha Kuasa dan Mustahil Allah tidak Kuasa.

15. Kaunuhu Muridan

Wajib aqli Allah mempunyai sifat Kaunuhu Muridan, artinya terbukti Allah yang Maha berkehendak dan mustahil Allah tidak mempunyai kehendak.

16. Kaunuhu ‘Aliman

Wajib aqli Allah mempunyai sifat Kaunuhu ‘Aliman, artinya terbukti Allah yang Maha Mengetahui dan mustahil Allah yang bodoh.

17. Kaunuhu Hayyan

Wajib aqli Allah mempunyai sifat Kaunuhu Hayyan, artinya terbukti Allah yang Hidup dan mustahil Allah mati.

18. Kaunuhu Sami’an

Wajib aqli Allah mempunyai sifat Kaunuhu Sami’an, artinya terbukti Allah yang Maha Mendengar dan mustahil Allah yang tuli. Adapun dalil – dalilnya cukup dengan sifat Sama’.

19. Kaunuhu Bashiron

Wajib aqli Allah mempunyai sifat Kaunuhu Bashiron, artinya terbukti Allah yang Maha Melihat dan mustahil Allah yang buta.

20. Kaunuhu Mutakalliman

Wajib aqli Allah mempunyai sifat Kaunuhu Mutakalliman, artinya terbukti Allah yang Berfirman, dan mustahil Allah yang bisu.

No comments:

Post a Comment