DAFTAR
ISI................................................................................................. 1
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah........................................................................... 2
2. Rumusan Masalah.....................................................................................3
3. Tujuan Penulisan...................................................................................... 3
4. Manfaat Penulisan.................................................................................... 3
PEMBAHASAN
1. Media Sosial............................................................................................ 4
2. Perekonomian Masyarakat...................................................................... 5
3. Motif Penggunaan Media Sosial dalam Perekonomia............................ 6
4. Dampak dari Adanya Media Sosial
2.4.1 Dampak Positif ............................................................................. 7
2.4.2 Dampak Negatif............................................................................ 8
5. Peran Media Sosial terhadap Perkembangan
Perekonomian Masyarakat.................................................................... 9
PENUTUP
Simpulan................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA................................................................................ 11
Peran
Media Sosial terhadap Perekonomian Masyarakat
Abstrak
Di
era modern ini, media sosial sangat membantu dalam segala hal. Media sosial
juga berkembang sangat pesat di Indonesia. Hal ini dimanfaatkan oleh
orang-orang yang mempunyai jiwa pembisnis untuk berjualan di media sosial atau
lebih dikenal dengan online shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peranan media sosial dalamperekonomian masyarakat serta untuk mengetahui dampak
yang diperoleh dari media itu sendiri. Kajian ini bersifat literature, dengan mengkaji dan meninjau dari
peneliti-peneliti yang sudah ada.
1.
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Di
era modern seperti saat ini,teknologi dan komunikasi berkembang sangat pesat,
khususnya media sosial.Hal ini didukung dengan berkembangnya smartphone atau
yang disebut dengan gadget.Gadget mempermudah kita mengakses semua yang kita
mau, baik pengetahuan, sosial, hiburan ataupun belanja.Seperti media sosial
misalnya, media sosial kini telah diakses hampir setiap orang.Media sosial
adalah sebuah media online yang penggunanya bisa dengan mudah mengakses, berpartisipasi,
berbagi dan berinteraksi dengan semua orang.
Perkembangan
internet yang pesat juga mendukung hadirnya media sosial. Media sosial yang
sering digunakan masyarakat antara lain: BBM, facebook, tweeter, instagram,
whatsapp, line dll. Media tersebut telah membantu masyarakat untuk
berkomunikasi dengan kerabat-kerabat mereka yang jauh.Kecepatan media sosial
dapat kita lihat ketika sedang teradi sesuatu. Kita lebih cepat mengetahui
berita atau suatu kejadian melaluimedia sosial daripada menunggu kabar dari
orang yang bersangkutan atau dari televise maupun radio.[1]
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas, rumusn masalah penulisan ini adalah:
a. Apa
motif yang mendasari masyarakat menggunakan media sosial sebagai media
pemasaran ?
b. Apa
dampak yang diperoleh masyarakat dengan adanya media sosial?
c. Bagaimana
peran media sosial terhadap perkembangan perekonomian masyarakat ?
1.3 Tujuan
Penulisan
Berdasarkan rumusan
masalaah diatas, tujuan penulisan ini adalah:
a.
Untuk mengetahui motif
yang mendasari masyarakat menggunakan media sosial sebagai media pemasaran
b.
Untuk mengetahui dampak
yang diperoleh massyarakat dengan adanya media sosial
c.
Untuk mengetahui peran
media sosial terhadap perkembangan perekonomian masyarakat
1.4
Manfaat Penulisan
Hasil penelitian
ini diharapkan dapat menjadi tambahan informasi, evaluasi, gambaran dan
pembekalan mengenai media sosial.
1.
Manfaat Teoritis, yakni
sebagai acuan untuk penelitian-penelitian yang akan dilakukan selanjutnya.
2.
Manfaat Praktis
Manfaat
praktis dari penelitian ini diharapkan dapat berguna baik secara langsung
maupun tidak langsung dalam praktik kehidupan sehari-hari, diantaranya:
a.
Bagi penulis, dapat
memahami dan menambah pengetahuan dan wawasan mengenai peranan meda sosial
dalam perekonomian masyarakat.
b.
Bagi masyarakat, semoga
penelitian ini dapat memberikan informasi mengenai media sosial serta lebih
bijak dan berhati-hati dalam penggunaannya.
c.
Bagi pelaksana online
shop, semoga penelitian ini dapat memberikan informai yang dapat di jadikan
bahan pertimbangan dalam pelaksanaan.
2 PEMBAHASAN
2.1 Media
sosial
Pada dasarnya media sosial merupakan perkembangan mutakhir
dari teknologi-teknologi webbaru berbasis internet, yang memudahkan semua orang
untuk dapat berkomunikasi, berpartisipasi, saling berbagi dan membentuk sebuah
jaringan secara online, sehingga dapat menyebarluaskankonten mereka sendiri.[2]Media
sosial memiliki berbagai macam bentuk. Diantaranya yang banyak digunakan remaja
jaman sekarang yaitu[3]
:
a. Facebook
Facebook diluncurkan pada 4
Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg.Situs ini bertema social
networking yaitu menambahkan teman.
b. Instagram
instagram
mempunyai kelebihan dengan jejaring social lainnya yaitu memungkinkan
penggunanya untuk mengambil foto lalu menfilter foto tersebut kemudian
memposting ke berbagai macam jejaring social lainnya seperti facebook dan
twitter.
c.
Line
Line merupakan aplikasiyang dapat
digunakan untuk telfon dan video call secara gratis. Di line banyak sekali
emoticon yang lucu untuk mengungkapkan perasaan penggunanya.
d. Twitter
Twitter berfokus pada layaan blogging mikro (microblogging) dan
RSS untuk pesebaran informasi. Ia sering disebut-sebut sebagai “SMS-nya
internet” Twitter dibangun oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Evan Williams, Biz
Stone pada 15 Juli 2006.
e. BBM
Dahulu, aplikasi ini hanya
disediakan untuk para pengguna blackberry, namun seiring dengan majunya
teknologi, BBM kini telahberkembang dan dapat diinstal pada smartphone.
2.2 Perekonomian Masyarakat
Ekonomi adalah sebuah
bidang kajian tentang pengurusan sumber daya material individu, masyarakat, dan
negara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.[4]Ekonomi
kerakyatan adalah sistem perekonomian yang di mana pelaksanaan kegiatan,
pengawasannya, dan hasil dari kegiatan ekonomi dapat dinikmati oleh seluruh
masyarakat.[5]
Ciri-ciri system
ekonomi kerakyatan:
a. Kebutuhan
hidup masyarakat dikuassai oleh Negara atau pemerintah Negara tersebut.
b. Di
ekonomi peran negra sangat penting, tetapi tidak dominan, begitu pula peran
pihak swasta yang posisinya memang penting, tetapi tidak mendominasi.
c. Masyarakat
adalah bagian yang sangat penting, karena kegiatan produksi yang
dilakukan, diawasi dan dipimpin oleh anggota masyarakat.
d. Di
dasari atas kekeluargaan.
2.3 Motif
penggunaan media sosial dalam perekonomian
Era modern telah merubah masyarakat dalam berbagai hal.
Salah satunya dengan gadget.Gadget telah dimiliki oleh sebagian besar warga di
seluruh dunia, baik remaja, dewasa, orang tua bahkan anak-anak.Mereka
menggunakan gadget dalam berbagai hal, bahkan bagi sebgian orang gadget sudah menjadi
kebutuhan primer bagi kehidupan mereka.Oleh karena itu, hal ini banyak
digunakan sebagian orang untuk memperbaiki perekonomian mereka.Salah satunya
melalui bisnis online. Dengan adanya jual beli online, setiap orang akan lebih
mudah untuk berbelanja apa yang mereka butuhkan tanpa harus membuang banyak
waktu untuk pergi ke toko.Media sosial juga mempunyai keunggulan dapat
menampilkan iklan sesuai dengan selera para pengguna. Bagi
para penjual hal ini dapat menguntungkan karena dapat mempermudah dalam melakukan
segmentasi target pelanggan.[6]
2.4 Dampak dari Adanya Media
Sosial
Media sosial
memang sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi kehidupan anak zaman sekarang,
namun alangkah baiknya kita mengetahui dampak apa saja yang dapat kita peroleh.
Berikut akan kita bahas dampak yang kita peroleh dari adanya media sosial:
2.4.1
Dampak Positif
Dampak positif
dari adanya media sosial antara lain[7]:
a. Sebagai
media informasi
Media sosial
yang terhubung dengan internet memudahkan kita dalam memperoleh informasi. Berita
dan informasi baik di dalam maupun luar
negeri dapat dengan mudah diakses oleh setiap pengguna.
b. Sebagai
media komunikasi
Hal ini jelas,
di dalam media sosial terdapat fasilitas khusus chat yang bisa digunakan untuk
chatting dengan keluarga dan teman yang berada jauh dari kita.
c. Sebagai
media belajar dan bermain
Kita dapat
belajar melalui situs-situs tertentu yang mengandung pengetahuan untuk kita
pelajari. Selain itu, apabila kita bosan, kita dapat bermain game online atau
sekedar berbelanja online untuk menhilangkan kepenatan.
d. Sebagai
media transaksi
Seiring dengan
perkembangan zaman, media sosial dapat
di gunakan sebagai media transaksi. Berbagai kebutuhan sehari-hari dapat kita
pesan.Buku-buku pelajaran dapat kita akses dan kita beli melalui media sosial.
2.4.2
Dampak Negatif
Dampak negatif
dari adanya media sosial antara lain[8] :
a. Membuat
seseorang menjadi malas
Hal ini biasanya
dialami oleh para remaja. Jika sudah memegang gadget khususnya membuka situs
media sosial, mereka akan kecanduan dan cenderung malas dalam melakukan segala
macam kegiatan karena keasyikan dalam berkomunikasi dennngan teman dunia maya
mereka.
b. Membuat
seseorang menjadi egois
Seseorang jika
sudah memakai media sosial mereka tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya,
sehingga kehidupan sosial mereka berkuarang. Tak jarang dari anak-anak sekarang
jika bertemu dengan orang lain mereka lebih banyak membuka gadget daripada
harus bersosialisasi dengan orang-orang sekitar.
c. Merusak
tata bahasa yang benar
Dalam media
sosial, tidak erdapat aturan baku dalam penggunaan bahasa. Mereka menggunakan
bahasa dengan bahasa mereka sendiri yang kadang tidak sopan dan dapat
menyinggung perasaan orang lain.
d. Motivasi
dan prestasi belajar siswa menurun
Media sosial
membuat para pelajar malas utuk belajar karena keasyikan bermain media sosial..Hal ini mungkin karena motivasi belajar siswa
tersebut juga menjadi berkurang karena lebih mementingkan jejaring sosialnya
daripada prestasi belajarnya sendiri.
e. Menjadi lahan yang subur bagi para penjahat
Melalui
perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat seseorang lebih mudah untuk
melakukan ejahatan.Kita tidak akn pernah tahu apakah orang yang kita kenal di
dunia maya mengggunakan identitas diri yang sesungguhnya atau tidak.
2.5 Peran
Media Sosial terhadap Perkembangan Perekonomian Masyarakat
Media
sosial , kita pasti sudah tidak asing lagi dengan media sosial. media sosial
yang dulunya hanya digunkan untuk
chatting dan up date status dan foto, sekarang sudah banyak di
manfaatkan untuk berbisnis. Salah satunya yaitu dengan berjualan online.Dengan adanya media sosial mereka dapat mempromosikan
produksinya ke seluruh dunia.Setiap hari sebagian dari kita menggunakan media sosial, bahkan tidak hanya
satu, entah untuk komunikasi, searching, ataupun memasarkan
produksinya. Hal ini menjadi peluang bagi
para pebisnis online, karena mayoritas masyarakat menghabiskan waktunya untuk
mengakses media sosial. Kesibukan masyarakat saat ini
dipermudah dengan adanya online shop. dengan
demikian, perekonomian masyarakat akan lebih terkendali.
Kemudahan
berjualan online telah melahirkan banyak wiraswasta muda dengan kreatifitas
yang berkembang.Bagi para penjual, dengan berkembangnya media sosial, akan
memperluas pemasarannya, bahkan bisa sampai keluarnegeri. Dan untuk pembeli,
dapat lebih mudah untuk berbelanja tanpa harus menggunakan banyak waktu untuk
pergi belanja dan dapat lebih mudah membandingkan harga sesuai dengan uang
kita.
3
PENUTUP
Simpulan
a.
Media sosial banyak
digunakan masyarakat untuk bisnis online karena pada zaman sekarang sudah
banyak orang yang mengakses media sosial hamper setiap hari. Dengan demikian
para penjual akan lebih mudah mendapatkan pelanggan dan memperluas wilayah
pemasarannya.
b. Dampak
positif dari adanya media sosial antara lain:
1)
Sebagai media informasi
2)
Sebagai media
komunikasi
3)
Sebagai media belajar
dan bermain
4)
Sebagai media transaksi
Dampak negatif dari adanya media
sosial antara lain :
1) membuat
seseorang menjadi malas
2) Membuat
seseorang enjadi egois
3) Merusak
tata bahasa yang benar
4) Motivasi
dan prestasi belajar siswa menurun
5) Menjadi lahan yang subur bagi para penjahat
c. Media sosial berperan cukup besar bagi mereka yang
berbisnis. Karena dengan adanya media sosial mereka dapat mempromosikan
produksinya ke seluruh dunia. Setiap hari sebagian dri kita menggunakan media
sosial, bahkan tidak hanya satu, entah untuk komunikasi ataupun memasarkan
produksinya. Hal ini menjadi peluang bagi
para pebisnis online. dengan demikian, perekonomian masyarakat akan lebih
terkendali.
DAFTAR
PUSTAKA
Andri rifaldi, Pengertian Ekonomi Secara Umum Nya, Jurnal
ekonomi,
jurnalekonomi.blogspot.co.id/2015/10/Pengertian-Ekonomi-Secara-Umum-Nya.html?m=1,
diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.30
Azisulyagifari, Social Media dan Jejaring Sosial, jurnal sosial
network dan media sosial, tekpuslog.blogspot.co.id/2015/09/ jurnal-sosial-network-dan-media-sosial.html?m=1,
diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.25.
Briyan Anugerah Pekerti,Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap
Kelakuan Seseorang, jurnalilmiahtp2013.blogspot.co.id/2013/12/pengaruh-jejaring-sosial-terhadap_4257.html
Elfan
Rahardiyan K.Pemanfaatan Internet Dan Dampaknya Pada Pelajar Sekolah
Menengah Atas Di Surabaya,
jurnal.unair.ac.id/Pemanfaatan-Internet-dan-Dampaknya-Pada-Pelajar-Sekolah-Menengah-Atas-di-Surabaya-article-6687-media-136-category-8.html,
diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.18.
La Moriansyah,
Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents dan Consequences.
https://jurnal.kominfo.go.id>download, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016
pukul 05.20
Novia
ika setyani, Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas, Jurnal
Komunikasi. Hal.6
Rany Pratiwi, Manfaat Media
Sosial Dalam Perekonomian, komunikasi.us/index.php/course/1597.Manfaat-Media-Sosial-Dalam-Perekonomian,
diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.22.
Sora N, Mengenal
Pengertian Ekonomi Kerakyatan Secara Lengkap,
http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-ekonomi-kerakyatan.html, diakses
pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.40
[1]Rany Pratiwi, Manfaat Media Sosial Dalam Perekonomian,
komunikasi.us/index.php/course/1597.Manfaat-Media-Sosial-Dalam-Perekonomian,
diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.22.
[2]Novia ika setyani,
PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI BAGI KOMUNITASJurnal
Komunikasi,hal.6
[3] Azisulyagifari, Social Media dan Jejaring Sosial, jurnal
sosial network dan media sosial, tekpuslog.blogspot.co.id/2015/09/ jurnal-sosial-network-dan-media-sosial.html?m=1, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.25.
[4] Andri rifaldi, Pengertian Ekonomi
Secara Umum Nya, Jurnal ekonomi,
jurnalekonomi.blogspot.co.id/2015/10/Pengertian-Ekonomi-Secara-Umum-Nya.html?m=1,
diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.30
[5] Sora N, Mengenal Pengertian Ekonomi Kerakyatan Secara Lengkap,
http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-ekonomi-kerakyatan.html, diakses
pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.40
[6] La
Moriansyah, Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents dan Consequences.
https://jurnal.kominfo.go.id>download, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016
pukul 05.20
[7]Elfan
Rahardiyan K.Pemanfaatan Internet Dan Dampaknya Pada Pelajar Sekolah
Menengah Atas Di Surabaya, jurnal.unair.ac.id/Pemanfaatan-Internet-dan-Dampaknya-Pada-Pelajar-Sekolah-Menengah-Atas-di-Surabaya-article-6687-media-136-category-8.html, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.18.
[8] Briyan Anugerah Pekerti,Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Kelakuan Seseorang,
jurnalilmiahtp2013.blogspot.co.id/2013/12/pengaruh-jejaring-sosial-terhadap_4257.html
No comments:
Post a Comment