Wednesday 30 November 2016

Peran Media Sosial terhadap Perekonomian Masyarakat

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI................................................................................................. 1
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah........................................................................... 2
2. Rumusan Masalah.....................................................................................3
3. Tujuan Penulisan...................................................................................... 3
4. Manfaat Penulisan.................................................................................... 3

PEMBAHASAN
1. Media Sosial............................................................................................ 4
2. Perekonomian Masyarakat...................................................................... 5
3. Motif Penggunaan Media Sosial dalam Perekonomia............................ 6
4. Dampak dari Adanya Media Sosial
    2.4.1 Dampak Positif ............................................................................. 7
    2.4.2 Dampak Negatif............................................................................ 8
5. Peran Media Sosial terhadap Perkembangan
    Perekonomian Masyarakat.................................................................... 9
PENUTUP
Simpulan................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA................................................................................ 11


Peran Media Sosial terhadap Perekonomian Masyarakat
Abstrak
Di era modern ini, media sosial sangat membantu dalam segala hal. Media sosial juga berkembang sangat pesat di Indonesia. Hal ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang mempunyai jiwa pembisnis untuk berjualan di media sosial atau lebih dikenal dengan online shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan media sosial dalamperekonomian masyarakat serta untuk mengetahui dampak yang diperoleh dari media itu sendiri. Kajian ini bersifat literature,  dengan mengkaji dan meninjau dari peneliti-peneliti yang sudah ada.
1.        PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang Masalah
Di era modern seperti saat ini,teknologi dan komunikasi berkembang sangat pesat, khususnya media sosial.Hal ini didukung dengan berkembangnya smartphone atau yang disebut dengan gadget.Gadget mempermudah kita mengakses semua yang kita mau, baik pengetahuan, sosial, hiburan ataupun belanja.Seperti media sosial misalnya, media sosial kini telah diakses hampir setiap orang.Media sosial adalah sebuah media online yang penggunanya bisa dengan mudah mengakses, berpartisipasi, berbagi dan berinteraksi dengan semua orang.
Perkembangan internet yang pesat juga mendukung hadirnya media sosial. Media sosial yang sering digunakan masyarakat antara lain: BBM, facebook, tweeter, instagram, whatsapp, line dll. Media tersebut telah membantu masyarakat untuk berkomunikasi dengan kerabat-kerabat mereka yang jauh.Kecepatan media sosial dapat kita lihat ketika sedang teradi sesuatu. Kita lebih cepat mengetahui berita atau suatu kejadian melaluimedia sosial daripada menunggu kabar dari orang yang bersangkutan atau dari televise maupun radio.[1]

1.2     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, rumusn masalah penulisan ini adalah:
a.    Apa motif yang mendasari masyarakat menggunakan media sosial sebagai media pemasaran ?
b.    Apa dampak yang diperoleh masyarakat dengan adanya media sosial?
c.    Bagaimana peran media sosial terhadap perkembangan perekonomian masyarakat ?

1.3     Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalaah diatas, tujuan penulisan ini adalah:
a.    Untuk mengetahui motif yang mendasari masyarakat menggunakan media sosial sebagai media pemasaran
b.    Untuk mengetahui dampak yang diperoleh massyarakat dengan adanya media sosial
c.    Untuk mengetahui peran media sosial terhadap perkembangan perekonomian masyarakat

1.4     Manfaat Penulisan
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan informasi, evaluasi, gambaran dan pembekalan mengenai media sosial.
1.    Manfaat Teoritis, yakni sebagai acuan untuk penelitian-penelitian yang akan dilakukan selanjutnya.

2.    Manfaat Praktis
Manfaat praktis dari penelitian ini diharapkan dapat berguna baik secara langsung maupun tidak langsung dalam praktik kehidupan sehari-hari, diantaranya:
a.    Bagi penulis, dapat memahami dan menambah pengetahuan dan wawasan mengenai peranan meda sosial dalam perekonomian masyarakat.
b.    Bagi masyarakat, semoga penelitian ini dapat memberikan informasi mengenai media sosial serta lebih bijak dan berhati-hati dalam penggunaannya.
c.    Bagi pelaksana online shop, semoga penelitian ini dapat memberikan informai yang dapat di jadikan bahan pertimbangan dalam pelaksanaan.

2      PEMBAHASAN
2.1    Media sosial
Pada dasarnya media sosial merupakan perkembangan mutakhir dari teknologi-teknologi webbaru berbasis internet, yang memudahkan semua orang untuk dapat berkomunikasi, berpartisipasi, saling berbagi dan membentuk sebuah jaringan secara online, sehingga dapat menyebarluaskankonten mereka sendiri.[2]Media sosial memiliki berbagai macam bentuk. Diantaranya yang banyak digunakan remaja jaman sekarang yaitu[3] :
a. Facebook
Facebook diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg.Situs ini bertema social networking yaitu menambahkan teman.

b. Instagram
instagram mempunyai kelebihan dengan jejaring social lainnya yaitu memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto lalu menfilter foto tersebut kemudian memposting ke berbagai macam jejaring social lainnya seperti facebook dan twitter.

c.    Line
Line merupakan aplikasiyang dapat digunakan untuk telfon dan video call secara gratis. Di line banyak sekali emoticon yang lucu untuk mengungkapkan perasaan penggunanya.

d.    Twitter
Twitter berfokus pada layaan blogging mikro (microblogging) dan RSS untuk pesebaran informasi. Ia sering disebut-sebut sebagai “SMS-nya internet” Twitter dibangun oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Evan Williams, Biz Stone pada 15 Juli 2006.

e.    BBM
Dahulu, aplikasi ini hanya disediakan untuk para pengguna blackberry, namun seiring dengan majunya teknologi, BBM kini telahberkembang dan dapat diinstal pada smartphone.

2.2  Perekonomian Masyarakat
Ekonomi adalah sebuah bidang kajian tentang pengurusan sumber daya material individu, masyarakat, dan negara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.[4]Ekonomi kerakyatan adalah sistem perekonomian yang di mana pelaksanaan kegiatan, pengawasannya, dan hasil dari kegiatan ekonomi dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.[5]
Ciri-ciri system ekonomi kerakyatan:
a.       Kebutuhan hidup masyarakat dikuassai oleh Negara atau pemerintah Negara tersebut.
b.      Di ekonomi peran negra sangat penting, tetapi tidak dominan, begitu pula peran pihak swasta yang posisinya memang penting, tetapi tidak mendominasi.
c.       Masyarakat adalah bagian yang sangat penting,  karena kegiatan produksi yang dilakukan, diawasi dan dipimpin oleh anggota masyarakat.
d.      Di dasari atas kekeluargaan.

2.3  Motif penggunaan media sosial dalam perekonomian
Era modern telah merubah masyarakat dalam berbagai hal. Salah satunya dengan gadget.Gadget telah dimiliki oleh sebagian besar warga di seluruh dunia, baik remaja, dewasa, orang tua bahkan anak-anak.Mereka menggunakan gadget dalam berbagai hal, bahkan bagi sebgian orang gadget sudah menjadi kebutuhan primer bagi kehidupan mereka.Oleh karena itu, hal ini banyak digunakan sebagian orang untuk memperbaiki perekonomian mereka.Salah satunya melalui bisnis online. Dengan adanya jual beli online, setiap orang akan lebih mudah untuk berbelanja apa yang mereka butuhkan tanpa harus membuang banyak waktu untuk pergi ke toko.Media sosial juga mempunyai keunggulan dapat menampilkan iklan sesuai dengan selera para pengguna. Bagi para penjual hal ini dapat menguntungkan karena dapat mempermudah dalam melakukan segmentasi target pelanggan.[6]

2.4  Dampak dari Adanya Media Sosial
Media sosial memang sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi kehidupan anak zaman sekarang, namun alangkah baiknya kita mengetahui dampak apa saja yang dapat kita peroleh. Berikut akan kita bahas dampak yang kita peroleh dari adanya media sosial:
2.4.1        Dampak Positif
Dampak positif dari adanya media sosial antara lain[7]:
a.       Sebagai media informasi
Media sosial yang terhubung dengan internet memudahkan kita dalam memperoleh informasi. Berita dan informasi baik  di dalam maupun luar negeri dapat dengan mudah diakses oleh setiap pengguna.
b.      Sebagai media komunikasi
Hal ini jelas, di dalam media sosial terdapat fasilitas khusus chat yang bisa digunakan untuk chatting dengan keluarga dan teman yang berada jauh dari kita.
c.       Sebagai media belajar dan bermain
Kita dapat belajar melalui situs-situs tertentu yang mengandung pengetahuan untuk kita pelajari. Selain itu, apabila kita bosan, kita dapat bermain game online atau sekedar berbelanja online untuk menhilangkan kepenatan.
d.      Sebagai media transaksi
Seiring dengan perkembangan zaman, media  sosial dapat di gunakan sebagai media transaksi. Berbagai kebutuhan sehari-hari dapat kita pesan.Buku-buku pelajaran dapat kita akses dan kita beli melalui media sosial.

2.4.2        Dampak Negatif
Dampak negatif dari adanya media sosial antara lain[8] :
a.       Membuat seseorang menjadi malas
Hal ini biasanya dialami oleh para remaja. Jika sudah memegang gadget khususnya membuka situs media sosial, mereka akan kecanduan dan cenderung malas dalam melakukan segala macam kegiatan karena keasyikan dalam berkomunikasi dennngan teman dunia maya mereka.
b.      Membuat seseorang menjadi egois
Seseorang jika sudah memakai media sosial mereka tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya, sehingga kehidupan sosial mereka berkuarang. Tak jarang dari anak-anak sekarang jika bertemu dengan orang lain mereka lebih banyak membuka gadget daripada harus bersosialisasi dengan orang-orang sekitar.
c.       Merusak tata bahasa yang benar
Dalam media sosial, tidak erdapat aturan baku dalam penggunaan bahasa. Mereka menggunakan bahasa dengan bahasa mereka sendiri yang kadang tidak sopan dan dapat menyinggung perasaan orang lain.
d.      Motivasi dan prestasi belajar siswa menurun
Media sosial membuat para pelajar malas utuk belajar karena keasyikan bermain media sosial..Hal ini mungkin karena motivasi belajar siswa tersebut juga menjadi berkurang karena lebih mementingkan jejaring sosialnya daripada prestasi belajarnya sendiri.
e.       Menjadi lahan yang subur bagi para penjahat
Melalui perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat seseorang lebih mudah untuk melakukan ejahatan.Kita tidak akn pernah tahu apakah orang yang kita kenal di dunia maya mengggunakan identitas diri yang sesungguhnya atau tidak.

2.5  Peran Media Sosial terhadap Perkembangan Perekonomian Masyarakat
Media sosial , kita pasti sudah tidak asing lagi dengan media sosial. media sosial yang dulunya hanya digunkan untuk  chatting dan up date status dan foto, sekarang sudah banyak di manfaatkan untuk berbisnis. Salah satunya yaitu dengan berjualan online.Dengan adanya media sosial mereka dapat mempromosikan produksinya ke seluruh dunia.Setiap hari sebagian dari kita menggunakan media sosial, bahkan tidak hanya satu, entah untuk komunikasi, searching, ataupun memasarkan produksinya. Hal ini menjadi peluang bagi para pebisnis online, karena mayoritas masyarakat menghabiskan waktunya untuk mengakses media sosial. Kesibukan masyarakat saat ini dipermudah dengan adanya online shop. dengan demikian, perekonomian masyarakat akan lebih terkendali.
Kemudahan berjualan online telah melahirkan banyak wiraswasta muda dengan kreatifitas yang berkembang.Bagi para penjual, dengan berkembangnya media sosial, akan memperluas pemasarannya, bahkan bisa sampai keluarnegeri. Dan untuk pembeli, dapat lebih mudah untuk berbelanja tanpa harus menggunakan banyak waktu untuk pergi belanja dan dapat lebih mudah membandingkan harga sesuai dengan uang kita.

3        PENUTUP
Simpulan
a.       Media sosial banyak digunakan masyarakat untuk bisnis online karena pada zaman sekarang sudah banyak orang yang mengakses media sosial hamper setiap hari. Dengan demikian para penjual akan lebih mudah mendapatkan pelanggan dan memperluas wilayah pemasarannya.
b.      Dampak positif dari adanya media sosial antara lain:
1)   Sebagai media informasi
2)   Sebagai media komunikasi
3)   Sebagai media belajar dan bermain
4)   Sebagai media transaksi
Dampak negatif dari adanya media sosial antara lain :
1)   membuat seseorang menjadi malas
2)   Membuat seseorang enjadi egois
3)   Merusak tata bahasa yang benar
4)   Motivasi dan prestasi belajar siswa menurun
5)   Menjadi lahan yang subur bagi para penjahat
c.       Media sosial berperan cukup besar bagi mereka yang berbisnis. Karena dengan adanya media sosial mereka dapat mempromosikan produksinya ke seluruh dunia. Setiap hari sebagian dri kita menggunakan media sosial, bahkan tidak hanya satu, entah untuk komunikasi ataupun memasarkan produksinya. Hal ini menjadi peluang bagi para pebisnis online. dengan demikian, perekonomian masyarakat akan lebih terkendali.
DAFTAR PUSTAKA

Andri rifaldi, Pengertian Ekonomi Secara Umum Nya, Jurnal ekonomi, jurnalekonomi.blogspot.co.id/2015/10/Pengertian-Ekonomi-Secara-Umum-Nya.html?m=1, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.30

Azisulyagifari, Social Media dan Jejaring Sosial, jurnal sosial network dan media sosial, tekpuslog.blogspot.co.id/2015/09/ jurnal-sosial-network-dan-media-sosial.html?m=1, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.25.

Briyan Anugerah Pekerti,Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Kelakuan Seseorang, jurnalilmiahtp2013.blogspot.co.id/2013/12/pengaruh-jejaring-sosial-terhadap_4257.html
Elfan Rahardiyan K.Pemanfaatan Internet Dan Dampaknya Pada Pelajar Sekolah Menengah Atas Di Surabaya, jurnal.unair.ac.id/Pemanfaatan-Internet-dan-Dampaknya-Pada-Pelajar-Sekolah-Menengah-Atas-di-Surabaya-article-6687-media-136-category-8.html, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.18.
La Moriansyah, Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents dan Consequences. https://jurnal.kominfo.go.id>download, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.20

Novia ika setyani, Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas, Jurnal Komunikasi. Hal.6
Rany Pratiwi, Manfaat Media Sosial Dalam Perekonomian, komunikasi.us/index.php/course/1597.Manfaat-Media-Sosial-Dalam-Perekonomian, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.22.

Sora N, Mengenal Pengertian Ekonomi Kerakyatan Secara Lengkap, http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-ekonomi-kerakyatan.html, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.40









[1]Rany Pratiwi, Manfaat Media Sosial Dalam Perekonomian, komunikasi.us/index.php/course/1597.Manfaat-Media-Sosial-Dalam-Perekonomian, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.22.
[2]Novia ika setyani, PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI BAGI KOMUNITASJurnal Komunikasi,hal.6

[3] Azisulyagifari, Social Media dan Jejaring Sosial, jurnal sosial network dan media sosial, tekpuslog.blogspot.co.id/2015/09/ jurnal-sosial-network-dan-media-sosial.html?m=1, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.25.

[4] Andri rifaldi, Pengertian Ekonomi Secara Umum Nya, Jurnal ekonomi, jurnalekonomi.blogspot.co.id/2015/10/Pengertian-Ekonomi-Secara-Umum-Nya.html?m=1, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.30

[5] Sora N, Mengenal Pengertian Ekonomi Kerakyatan Secara Lengkap, http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-ekonomi-kerakyatan.html, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.40

                                                                                                                                                      
[6] La Moriansyah, Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents dan Consequences. https://jurnal.kominfo.go.id>download, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.20

[7]Elfan Rahardiyan K.Pemanfaatan Internet Dan Dampaknya Pada Pelajar Sekolah Menengah Atas Di Surabaya, jurnal.unair.ac.id/Pemanfaatan-Internet-dan-Dampaknya-Pada-Pelajar-Sekolah-Menengah-Atas-di-Surabaya-article-6687-media-136-category-8.html, diakses pada hari senin, 30 Mei 2016 pukul 05.18.
[8] Briyan Anugerah Pekerti,Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Kelakuan Seseorang, jurnalilmiahtp2013.blogspot.co.id/2013/12/pengaruh-jejaring-sosial-terhadap_4257.html 

No comments:

Post a Comment