Tuesday 29 November 2016

Menjadi Guru Private yang Menyenangkan

Guru private merupakan sebuah profesi sebagai seorang guru, namun mereka hanya mengajar dalam ruang lingkup yang lebih kecil. Biasanya, satu orang memegang 1-4 orang anak. Sekarang menjadi seorang guru private banyak diminati oleh banyak kalangan. Mungkin karena fee nya lumayan kali yaa.. :D
Guru private itu sendiri ada yang membuka tempat belajar di rumah mereka dan ada yang langsung datang ke rumah sang anak. Bagi kalian yang ingin membuka tempat les di rumah , kalian harus menyediakan tempat khusus untuk mengajar. Biasanya mereka yang membuka tempat di rumah, hanya anak-anak yang berdomisili dekat yang ikut belajar. Sedangkan mereka yang langsung datang ketempat sang anak bisanya belajar dilakukan lebih intens, karena biasanya hanya memegang satu orang saja.
Sekarang saya akan berbagi bagi anda yang berminat menjadi seorang guru private agar menjadi seorang guru yang menyenangkan bagi sang anak. Langsung saja ya ..
1.    Jangan fokus pada pelajaran
Terlalu fokus pada pelajaran, tentu akan membuat sang anak merasa bosan. Terkadang ajak mereka bercerita,misal :  tanyakan tentang kejadian yang di alami sang anak di sekolahan.

2.    Kenali latar belakang sang anak
Sebelum mengambil job ini, ada baiknya kalian kenali dulu latar belakang dan pribadi sang anak. Dari mulai alamat, sekolah, kelas berapa, dan pribadinya seperti apa. Jika ada salah satu yang tidak sesuai dengan yang anda harapkan , ini dapat menjadi bahan pertimbangan.

3.    Akrab dengan keluarga
Akrabkan diri anda dengan keluarga sang anak. Hal ini tentu akan mempermudah anda sebagai seorang guru dan mereka sebagai orang tua untuk mengontrol dan mengetahui perkembangan sang anak. Dengan begitu anda tentu tidak bekerja sendiri dalam mendidik anak.

4.        Beri pujian dan hadiah
Sering-sering lah mengambil hati sang anak. Salah satunya dengan memberi mereka pujian dan hadiah. Misal ketika sang anak bisa mengerjakan soal yang anda berikan, puji dia akan hatinya senang, dan beri hadiah ketika sang anak mendapat nilai bagus atau menjadi juara kelas.

5.        Bermain sambil belajar
Cari metode baru dalam mengajar. Jangan hanya membaca, menersangkan dan mengerjakan soal secara terus menerus. Selipkan permainan di dalamnya. Tentunya sang anak akan menjadi senang dalam belajar.

6.        Menjadi teman sang anak
Berusahalah menjadi seseorang yang sang anak butuhkan. Menjadi seorang teman sang anak tentu akan membuat sang anak menjadi nyaman berada di dekat anda sehingga sang anak tak ingin jauh-jauh dari anda.

7.        Tanyakan kesulitan sang anak
Tanyakan pada sang anak hal apa saja yang belum mereka ketahui atau mereka pahami. Kemudian jelaskan pada sang anak dengan cara yang menyenangkan dan mudah dimengerti olehnya.
8.        Tulus dan ikhlas
Jika anda mengambil job ini, tentu anda juga harus tulus dan ikhlas untuk membagi ilmu yang anda miliki. Jika anda mengajar dengan hati yang tidak karuan sang anak pasti juga dapat merasakannya, sehingga belajar tentu akan menjadi tidak enak.

oke, itu yang dapat bagi sekarang, silahkan anda praktekkan. kalau berhasil, jangan lupa kasih tahu yang lain ya.. karena berbagi itu indah :)

No comments:

Post a Comment