Monday 28 November 2016

Tips dan Trik Belajar Matematika

Bagi sebagian orang, Matematika mungkin di anggap sesuatu yang sulit dan menyeramakan. Dari mulai Matematika dasar, integral, kalkulus diferensial, dan masih banyak lagi yang nggak mungkin saya sebutkan satu persatu ya, capek soalnya :D. Dari sinilah sebenarnya peran seorang guru diperlukan , bukan hanya untuk mentransfer ilmunya saja, tapi juga harus membuat inovasi-inovasi baru untuk membuat para murid menjadi gemar Matematika. Nah, karena itulah kali ini saya akan mencoba membagi tips dengan sahabat semua bagaimana belajar matematika dengan mudah dan menyenangkan.

Sulit tidaknya matematika itu sebenarnya tergantung dari sudut pandang masing-masing individu. Memang sulit kalau hanya dilihat dan dipandangin terus tanpa ada usaha untuk terus berlatih. Sebenarnya sesuatu itu tergantung dari keyakinan. Jadi, jika kita yakin kalau Matematika itu mudah dan menyenangkan, maka hal itupun yang kita rasakan. Namun, jika di mindset kita Matematika itu sulit, maka Matematika itupun akan menjadi Sulit.

Beberapa tips dan trik di bawah ini mungkin bisa anda praktikkan, jika anda berhasil menggunakan trik yang saya tulis, jangan lupa berbagi ke sesama ya, karena sesungguhnya berbagi itu indah.

1.    Niati tulus dari hati
Kalian pasti sudah pernah mendengar bahwa sesuatu itu tergantung dari niatnya. Iya, memang benar, saya pun sudah pernah membuktikannya. Dalam hal ini, niat kita jangan untuk mendapat nilai bagus atau untuk mendapat pujian dari sguru ataupun teman-teman. Tapi, niatkan belajar matematika itu untuk menambah ilmu pengetahuan.

2.    Do’a
Do’a juga tidak kalah pentingnya. Sebelum kita belajar ada baikna kita berdo’a agar diberi kemudahan oleh Allah untuk menerima pelajaran. Selain itu, agar kita dapat tetap konsentrasi dalam belajar dan tidak cepat putus asa.

3.    Cintai yang mengajar (guru)
Point ini termasuk point yang penting. Pada dasarnya, jika kita mencintai gurunya, tentu kita tidak pernah absen dan akan terus mengikuti pelajaran tersebut dan tentu pelajaran tersebut akan masuk ke pikiran kita dengan mudah.

4.    Ikuti pelajan dari awal sampai akhir
Matematika merupakan salah satu pelajaran yang memiliki tingkatan-tingkatan. Jadi usahakan ikuti pelajaran dari awal pertemuan hingga akhir pertemuan. Karena jika kita melewatkan satu pokok bahasan atau satu tingkatan, jika kita tidak mampu mengejar ketertinggalan itu sendiri, maka di pertemuan berikutnyapun kita akan sulit untuk mengikuti pokok bahasan berikutnya.

5.    Berlatih dan berlatih
Matematika itu ilmu pasti, bukan untuk dihafalkan. Jadi, kita harus sering berlatih untuk dapat menaklukkan pelajaran Matematika. Kerjakan PR dan pelajari lagi pelajaran yang telah disampaikan di sekolahan. Kumpulkan soal-soal untuk berlatih. Saya sarankan cari soal yang ada kunci jawabannya. Eits, bukan untuk menyalin jawabannya lho ya.. tapi untuk memastikan bahwa soal yang kita kerjakan itu jawabannya benar.

6.    Sediakan Hadbook
Semacam buku panduan. Bukan buku tulis yang besar ya, buku pegangan ini kecil dan mudah untuk dibawa. Isinya rumus-rumus, catatan, konsep dasar atau contoh soal  penting agar mudah diingat. Buku ini bisa kamu beli dan bisa kamu buat sendiri. Saat ada kesulitan saat mengerjakan kamu dapat memanfaatkan buku ini. Asal jangan saat ujian ya.. :D

7.    Belajar dahulu sebelum dijelaskan oleh Bapak / Ibu guru
Sebelum dijelaskan ada baiknya kita pelajari sendiri materi yang akan diajarkan. Pelajari sama seperti contoh yang ada di buku, atau dengan membuka internet. Dengan begitu kita sudah mempunyai gambaran tentang materi tersebut.

Demikian tips dan trik yang dapat saya bagikan, semoga dapat membantu dan mempermudah kalian dalam belajar. Mari, cintai Matematika.


No comments:

Post a Comment