Friday 23 December 2016

Hubungan Kerja yang Baik antara Atasan dan Bawahan

Bekerja memang sangat diperlukan bagi setiap orang yang sudah dewasa. Tentunya dalam bekerja akan terjadi hubungan antara atasan dan bawahan. Dalam menjalin hubungan  kerja tersebut keduanya harus saling memahami satu sama lain agar kerjasama tercipta dengan baik. Disini, peran seorang atasan sangat penting, karena di tangan seorang pemimpin lah nasib perusahaan tersaebut bergantung. Meski demikian, bukan berarti karyawan atau bawahan tidak mempunyai peran dalam suatu perusahaan. Mereka tetap berperan penting, karena tanpa mereka tentunya perusahaan tidak akan berjalan.
Hubungan Kerja yang Baik antara Atasan dan Bawahan
Hubungan Kerja yang Baik antara Atasan dan Bawahan

Untuk membangun hubungan yang baik antara atasan dan bawahan, dapat kita lakukan hal-hal berikut :

1. Menjaga komunikasi
Komunikasi sangat dibutuhkan dalam menjalin suatu hubungan. Dengan komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan kecil kemungkinan terjadi kesalahpahaman.

2. Buat komitmen dalam bekerja
Komitmen dapat dikatakan sebagai pengganti kontrak kerja. Dalam berkomitmen baik atasan maupun bawahan harus dapat menjalankan komitmen tersebut. Tentang waktu bekerja misalnya, waktu bekerja di tentukan saat awal bekerja. Maka setelah mulai bekerja baik atasan maupun bawahan harus menjalankan komitmen tersebut dengan semestinya.

3. Memahami posisi masing-masing
Disini dimaksudkan jika antara atasan dan bawahan mempunyai hubungan yang dekat atau hubungan khusus, keduanya tetap harus bisa memposisikan diri meereka ketika dalam jam kerja. Hal ini dilakukan agar bekerja tetap berjalan dengan profesional.

4. Bijaksana
Bijaksana yang dimaksud bukan hanya bijaksana dalam bertindak namun juga bijaksana dalam menghadapi pertikaian.  Adakalanya antara atasan dan bawahan terjadi suatu pertikaian. Nah di sini seorang bawahan harus bisa meredam amarah. Karena jika keduanya sama-sama memperbesar amarah, pertikaian tentu akan terjadi lebih besar lagi.

5. jaga kepercayaan atasan
seorang atasan tentu memberi tanggung jawab dan kepercayaan kepada bawahannya. Maka dari itu seorang bawahan juga harus pandai menjaga kepercayaan atasannya.  

No comments:

Post a Comment