Sunday 15 January 2017

Cara Cepat Menghafal Al-qur'an

Al-qur'an merupakan kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril secara mutawattir dengan menggunakan bahasa Arab dan membacanya adalah ibadah.
Al-qur'an memiliki keistimewaan dibanding kitab pendahulunya , diantaranya :

  • Alquran memuat ajaran Ketuhanan yang pernah dimuat di kitab-kitab sebelumnya.
  • Alquran berisi ajaran Allah SWT untuk memberi petunjuk dan seluruh umat manusia di segala zaman. oleh karena itu Alquran akan selalu dipelihara dari terjadinya perubahan dan akan selalu terjaga keasliaannya. Firman Allah SWT  " Sesunguhnya Kami telah menurunkan Alquran dan sesungguhnya Kami senantiasa melindungiNya"(Qs. Al-Hijir : 9).
  • jika kitab sebelumnya diturunkan untuk kaum tertentu, maka Alquran diturunkan untuk umat sepanjang masa sampai hari akhir tiba.
  • dari segi bahasa, alquran tidak ada yang menandingi. bahasanya mudah dan indah, sehingga banyak orang mudah menghafalkannya. hanya satu bahasa dari alquran dari dahulu sampai sekarang.
Menghafal Al-qur'an menjadi sebuah cita-cita bagi sebagian orang.  Untuk menghafal al-qur’an sebenarnya susah-susah gampang , semua itu tergantung pada niat masing-masing individu. Lalu, bagaimana cara cepat menghafal Al-qur'an ?

Cara Cepat Menghafal Al-qur'an
Cara Cepat Menghafal Al-qur'an


1. Menghafal per halaman.
Kita baca dulu satu halaman yang mau kita hafal sebanyak 3-10 kali ulang dengan irama tartil, kalau sudah lancar baru dimulai menghafalnya. Setelah hafal satu halaman, baru dipindahkan  ke halaman berikutnya. Dan pada halaman berikutnya, kita hafal satu ayat supaya mudah untuk menyambungkan hafalan antara halaman 1 dengan halaman berikutnya.

2. Menghafal per ayat
Kita membaca dulu satu-satu ayat dengan irama tartil sampai dengan 3 atau 10 kali ulang . Kemudian baru kita hafal ayat tesebut.  Kemudian kita lanjut  pada ayat kedua dengan cara seperti itu pula.

3. Pasang target menghafal
Sebelum menghafal kita targetkan terlebih dahulu,  kapan waktu kita untuk menghafal, berapa ayat dalam sehari. Sehingga dengan adanya target maka penghafalan kita akan tercapai.

4. Memperdengarkan/menyotor hafalan
Setelah kita menghafal maka kita storkan hafalan kita kepada orang yang mahir dalam membaca dan menghafal Al-Quran. Seperti guru hafalan.

5. Memperbanyak mendengar  Al-quran
Kita harus sering mendengar bacaan ayat-ayat Al-Qur’an seperti murattal di TV, HP.  bahkan kalau kita mau, dalam kegiatan sehari-hari  selalu kita dengarkan ayat-ayat al- Qur’an, insya Allah pasti akan terhafal.

6. Mengulang-ulang hafalan (muraja’ah)
Kita harus selalu mengulang-ngulang kembali hafalan yang sudah bisa kita hafal supaya tidak lupa.

7. Menggunakan seluruh panca indra
Dalam menghafal, jangan menghafal-hafal saja tetapi  harus terlibat semua panca indra seperti mata untuk melihat Al-Qur’an, mulut untuk membaca Al-qur’an, telinga untuk mendengar Al-qur’an dan tangan untuk menulis ayat-ayat Al-Quran.

8. Menggunakan satu jenis mushaf Al-qur’an
Dalam menghafal kita hanya menggunakan satu mushaf saja, supaya tidak keliru dalam menghafal. karena beda mushaf, beda letak posisi ayatnya.

9. Memilih waktu yang baik
Kita tentukan waktu untuk menghafal. Waktu yang baik untuk menghafal adalah diwaktu subuh atau selesai sholat subuh, dan setelah sholat magrib.

10. Memperbanyak berdo’a kepada Allah
Kita harus selalu berdo’a kepada Allah meminta supaya kuat hafalan kita dan supaya mudah dalam menghafal. Insya Allah dengan berdoa kepada Allah, Allah akan kabulkan Doa kita. apalagi doa seorang  penghafal Al-Qur’an. 

No comments:

Post a Comment