Sunday 29 January 2017

Peran Orang Tua dalam Pendidikan Seorang Anak

Image result for peran orang tua dalam pendidikan anAK
Peran Orang Tua dalam Pendidikan Seorang Anak
Dengan berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan teknologi yang semakin maju, mungkin orang tua kalah dengan anak-anak mereka. Namun, meskipun begitu mereka tetap saja mempunyai peranan penting dalam pendidikan seorang anak. Pasalnya, lingkungan pertama yang dapat memberi mereka pengetahunan adalah keluarga, khususnya orang tua. Untuk mengatasi hal ini, para orang tua wajib menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga dapat memancing keluar potensi anak, kecerdasan dan rasa percaya diri. Dan tidak lupa memahami tahap perkembangan anak serta kebutuhan pengembangan potensi kecerdasan dari setiap tahap.

Peran orang tua dalam pendidikan seorang anak tidak sekedar memberikan tempat yang layak untuk belajar seorang anak, namun mereka juga wajib untuk ikut mendidik dan membangun karakter seorang anak yang belum mereka dapatkan di sekolah atau d pendidikan formal lainnya. Selain itu, orang tua juga dapat memberikan pendidikan non formal dengan menanamkan tata nilai yang serba luhur atau ahlak mulia, norma-norma, cita-cita, tingkah laku dan aspirasi kepada sang anak.

Ada beberapa cara dalam meningkatkan peran orang tua terhadap pendidikan anak-anak mereka.


  • mengontrol waktu belajar dan cara belajar anak. 
  • memantau perkembangan kemampuan akademik anak. 
  • memantau perkembangan kepribadian yang mencakup sikap, moral dan tingkah laku anak-anak. 
  • memantau efektifitas jam belajar di sekolah. 

Keutuhan orang tua juga merupakan salah satunya untuk mendukung pendidikan seorang anak, karena itu akan membuat seorang anak merasa mendapat perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi seorang anak yang tidak memiliki orang tua yang utuh masih bisa mendapatkan pendidikan dari orang tuanya, itu semua tergantung dari masing-masing individunya.

No comments:

Post a Comment