Friday 2 December 2016

Pengaruh Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Tak dapat dipungkiri bahwa di zaman yang semakin maju seperti sekarang ini, Ilmu Teknologi dan Komunikasi Berkembang sangat pesat, salah satunya dengan internet. Internet merupakan singkatan dari interconnection networking yaitu sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Internet mempunyai beberapa fungsi, diantaranya ; sarana informasi, media promosi, sarana pengembangan usaha dan juga sebagai media sosial.

            Dengan adanya internet media sosial berkembang sangatlah pesat. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya orang yang menggunakan media sosial. Bukan hanya anak remaja, media sosial juga  banyak diakses oleh orang tua dan juga anak-anak. Ditambah lagi dengan banyaknya Gadget yang di edarkan di pasaran, tentunya akan mempermudah setiap orang untuk mengakses Media Sosial. Situs media sosial sangatlah bermacam-macam jenisnya, dari facebook, twetter, line, whatsapp, BBM, instagram dll. Tentunya media itu mempunyai pengaruh dalam hal negatif dan positif. Oleh karena itu, disini saya mencoba memaparkan pengaruh negatif dan juga pengaruh positif media sosial media tehadap prestasi belajar siwa.

1.       Pengaruh positif
Media sosial merupakan contoh penggunaan media sosial yang digandrungi para remaja. Dengan adanya media sosial mereka dapat memanfaatkannya untuk terhubung dengan teman-temannya. Hal ini dapat digunakan sebagai sarana tukar menukar pikiran atau sekedar bertanya tentang tugas yang harus meeka kerjakan. Selain terhubung dengan teman-teman sekolahnya, mereka juga dapat terhubung dengan siwa dari sekolah lain, sehingga mereka dapat melakukan studi banding dan juga saling bertukar informasi.

2.      Pengaruh negatif
Disamping pengaruh positif, media sosial juga mendatangkan pengaruh negatif. Mengakses media sosial secara terus menerus dapat menyebabkan seorang siswa menjadi malas belajar, pasalnya mereka lebih asyik dengan dunianya di dunia maya. Selain itu juga dapat membuat siswa mejadi pemalas. Dengan adanya media sosial mereka dapat bertanya tentang tugas mereka kepada teman atau sekolah lain dan dengan mengakses internet, tanpa harus membaca buku.  Hal ini mengakibatkan setiap siswa menganggamudah setia tugas yang mereka dapat.

No comments:

Post a Comment