Friday 2 December 2016

Pentingnya Menjaga Kesehatan di Era Globalisasi

Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga dalam hidup kita. Tanpa kesehatan, kita tidak bisa melakukan apa-apa. Untuk makanpun tidak enak. Apalagi untuk beraktifitas. Untuk menjaga kesehatan dapat kita mulai dengan menjaga kebersihan lingkungan. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, berarti kita telah berupaya untuk mencegah penyakit atau gangguan kesehatan dari faktor risiko lingkungan. Di era Globalisasi, menjaga kesehatan sangatlah perlu dan menjadi sebuah tantangan. Karena sesuatu yang masuk dalam tubuh kita hampir semuanya mengandung bahan kimia dan zat-zat berbahaya. Makanan yang sehat dan tercampur dengan bahan-bahan kimia sudah sangat sulit untuk dibedakan.

Untuk itu kita harus pintar menjaga kesehatan dan juga memilih setiap makana yang masuk kedalam tubuh kita. Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan diantaranya : 

1. menerapkan pola hidup sehat
Pola hidup sehat dapat kita lakukan dengan cara menjaga pola makan dan olahraga. Asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh kita perlu kita perhatikan.

2. Perhatikan waktu istirahat
Istirahat juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Kurang istirahat atau sering begadang tidak baik untuk kesehatan. Setidaknya kita harus dapat membagi kegiatan dan istirahat kita, dengan tidur minimal 8 jam perhari.

3. Perbanyak minum air putih
Air putih mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita. Karena air putih mineral dapat diserap tubuh dengan mudah sehingga mampu memberikan manfaat yang besar bagi seluruh bagian tubuh. Selain dapat menghindarkan tubuh dari terjadinya dehidrasi, dan bisa menghilangkan dahaga, air putih juga memiliki manfaat yang baik bagi kulit dan pencernaan. Seperti yang diketahui bahwa didalam tubuh manusia 55% – 78% merupakan air tergandtung dari ukuran dan berat badan.

4. Jangan terlalu lama bermain gadget
Tentu, banyak dari kita yang menghabiskan waktu luang kita untuk bermain gadget. Jika hal ini terus menerus kita lakukan, kesehatan kita akan terganggu. Paparan radiasi pada gadget sangat berbahaya bagi kesehatan. Paparan radiasi ini dapat mengakibatkan gangguan terhadap perkembangan otak bagi anak-anak.

5. Perbanyak tersenyum
Dengan hati yang bahagia dan selalu memberikan senyuman yang penuh kesemangatan dapat membuat anda hidup sehat di era modern ini. Nyatanya dengan hidup selalu bahagia walaupun sederhana, kita bisa menurunkan resiko stress yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. Kata pepatah “Bahagia itu sederhana, sesederhana kita mensyukuri ni’mat Allah”.

Nah, itulah 5 hal yang dapat kita lakukan Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan di era globalisasi.
Ayo hidup sehat :D



No comments:

Post a Comment